Banner Bawah Utama

Pemkab Bolmut Perkuat Program KB

Pemkab Bolmut Perkuat Program KB

PilarSulut.com, BOROKO – Dalam rangka mensukseskan program Nawacita Pemerintah Pusat, yakni Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Maka, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bolmut, bersiap mencanangkan program Kampung KB.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala DPPKBPPPA, Hj. Sitti A. Sabriana Buhang, S. Pd, M. Kes, kepada reporter media ini, Selasa (08/08/2017) jika saat ini sebanyak 6 desa akan mengikuti program kampung KB.

“Program ini adalah bagian dari Nawacita Presiden Jokowi yang ke-3, yakni Membangun Indonesia dari Pinggiran. Maka, kami beserta instansi terkait akan terjun langsung ke enam desa yang terpilih sebagai pelaksana Kampung KB. Diantaranya ada Desa Sidodadi, Huntuk, Gihang, Tanjung Sidupa, Tanjung Labuo, dan Desa Paku Selatan. Adapun ke-6 desa ini diambil dari enam kecamatan yang tersebar di Bolmut.” terangnya

Lebih lanjut, Buhang mengatakan jika, dalam program Kampung KB ini membutuhkan kerja sama lintas sektor, termasuk yang berkaitan dengan Pendidikan, Kesehtan, Kesejahteraan, serta Usaha Perdagangan.

“Enam desa yang kami pilih ini berdasarkan penilaian dari sisi perekonomian, pendidikan, kesehatan, maupun akses Internet pedesaan yang membutuhkan bimbingan langsung dari Pemda setempat. Karenanya melalui program ini, kerja sama lintas sektor sangat dibutuhkan dan semua instansi memiliki perannya masing-masing, yang semuanya bermuara pada kesejahteraan keluarga di dalam desa tersebut”, ungkapnya

Dia pun menambahkan, tujuan utama program ini yakni memberikan pelayanan ekstra dan secara langsung kepada masyarakat desa yang sangat membutuhkan.

“Biasanya warga yang datang ke Pemda untuk meminta pelayanan, tapi dalam Kampung KB ini, justru Pemda yang akan terjun langsung ke desa-desa itu. Hingga kini, Pemda bersama Instansi terkait sudah mulai terjun ke desa-desa yang dimaksud, dan setelah selesai 6 desa Ini, maka target selanjutnya hingga di tahun 2019 semua desa di Bolmut sudah menjadi Kampung KB”, ujar Mantan Kadis Kesehatan Bolmut itu.

Penulis: Jufri M

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *