Banner Bawah Utama

Tahlis ; Masyarakat Kita Masih Memerlukan Pendidikan Politik

Tahlis ; Masyarakat Kita Masih Memerlukan Pendidikan Politik

Kotamobagu,PilarSulut.com – Kehadiran Partai Politik ditengah – tengah masyarakat sangat diperlukan, ini terkait dengan pendidikan politik yang bukan hanya tanggung jawab dari Pemerintah Daerah, akan tetapi butuh dukungan serta keterlibatan dari Partai Politik. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kota Kotamobagu dalam Acara Diskusi Politik, Dalam Rangka Pendidikan Politik Masyarakat Kotamobagu.

Menurutnya “Harus kita akui masyarakat kita masih membutuhkan pendidikan politik, dan masih jauh berbeda dengan pemahaman masyarakat yang ada di luar Negeri, contohnya saja, saat terjadi perbedaan pemahaman atau pilihan, pasti akan berbuntut panjang. Harusnya bila terjadi perdebatan dalam suatu diskusi cukup hanya sampai di forum tersebut tidak perlu dibawah pulang. Untuk itu diperlukan pemahaman, disini dibutuhkan peran Pemerintah namun tidaklah cukup harus ada keterlibatan Parpol,”Kata Tahlis dalam kegiatan Diskusi.

Dia juga menjelaskan soal Bantuan Politik (Banpol) yang telah Pemerintah siapkan bagi Partai Politik yang mempunyai kursi di Legislatif, sekaligus pemanfaatannya “Setiap tahunnya Pemerintah memberikan bantuan untuk parpol, dan anggaran tersebut digunakan parpol  dalam rangka mensosialisasikan agenda parpol sekaligus memberikan pemahaman politik pada masyarakat,”Jelas Tahlis.

Namun tahlis turut mengakui banpol yang diberikan terlebih dahulu akan dilakukan audit terkait pengunaannya, dan proses audit ini yang memakan waktu cukup lama sehingga membuat sejumlah parpol nggan mengunakan banpol akibat minimnya waktu pengunaannya “Memang tahun lalu proses audit memakan waktu yang cukup lama, sehingga membuat sejumla parpol berfikir untuk menerima, sebab akan terkendala dengan waktu pengunaan yang tidak lama, dan pastinya tidak akan maksimal,”Ujar Tahlis.

Ditambahkannya akan tetapi pihaknya sudah meminta pada BPK untuk mempercepat proses audit “Kita sudah minta BPK agar dapat mempercepat proses pemeriksaan, sehingga parpol tidak takut takut dalam mengelola banpol yang sudah disiapkan oleh Pemerintah,”Jelas Tahlis.

Sementara itu menurut Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu Irianto Mokoginta kegiatan Diskusi Pendidikan Politik turut dihadir oleh Pengurus Partai dan tokoh masyarakat “Nantinya kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berjenjang, dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapatkan pendidikan politik yang baik. Kegiatan ini melibatkan Parpol dan tokoh masyarakat di Kotamobagu,”Ujar Irianto.

Diketahui kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu jalan Kampus Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat, dan di buka oleh Sekretaris Kotamobagu, serta dihari juga oleh Ketua KPU Kotamobagu. (Abdi)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *