Banner Bawah Utama

Festival Bunga di TIFF 2016 akan Harumkan nama Sulut di Kancah Internasional

Festival Bunga di TIFF 2016 akan Harumkan nama Sulut di Kancah Internasional
Tomohon, Pilarsulut.com – Tak perlu jauh-jauh ke Pasadena kalau hanya sekedar menyaksikan pawai mobil berhias bunga hidup. Siapkan tiket dan akomodasi via Manado, lalu jalan darat ke Kota Tomohon, Sulawesi Utara, 8—12 Agustus 2016. Ada pesona yang tak kalah hebatnya di sana, yaitu Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016.

“Saya senang, laporan tahun 2016 ini, lebih banyak negara yang ikut dalam arak-arakan festival bunga Tomohon,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta.

Pesertanya ada yang berasal dari China, Australia, Selandia Baru, Hong kong, Rusia, Amerika Serikat, Prancis, Thailand dan Filipina. Karena itu, acara ini pasti seru.

Namanya juga pawai. Pasti akan menjadi ajang selfie dan pengambilan video oleh masyarakat apalagi momentum ini hanya setahun sekali. “Jangan lupa upload di media sosial, promosikan keindahan Tomohon, foto-foto, video dan destinasi wisata yang ada,” kata Arief..

Jadi, bagi Anda yang ingin mengikutinya, segera bersiaplah. Acara ini akan dimulai pekan depan.

”Acara ini bakal jadi tontonan gratis bagi masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara yang berlibur ke Tomohon. Festival berskala internasional ini akan menghadirkan banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Target Sulawesi Utara untuk wisatawan mancanegara sekitar 1 juta, Tomohon optimistis bisa meraih 10 persennya lewat Festival Bunga Tomohon ini,” tutur Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman.

Kata Jimmy, perhelatan ini juga akan berdampak baik dan besar bagi Tomohon dan masyarakatnya. ”Imbas positifnya adalah berdampak luas bagi perekonimian, jasa dan barang di kota kami,” ujar Jimmy optimistis.

Dari laporan panitia, kehadiran peserta mancanegara tahun ini memang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Negara-negara itu sudah memiliki desain sendiri dari mereka sendiri, termasuk beberapa bunga khasnya yang hanya ada di China, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Rusia, Amerika Serikat, Prancis, Thailand dan Filipina.

Agar persiapan semua berjalan lancar, semua jajaran melakukan persiapan dengan matang agar acara tersebut mampu berjalan sukses. Kapolres Tomohon, AKBP Monang Simanjuntak , bersama petinggi TNI serta Pemkot Tomohon, memimpin rapat koordinasi untuk mempersiapkan acara di atas di Aula Mapolres, Jumat (29/7/2016).

Menurut Monang, dalam event nanti yang harus diperhatikan serius adalah arus lalu lintas kendaraan, sehingga semuanya harus ditata sebaik mungkin. “Jika tidak ditangani dengan baik, maka akan terjadi kemacetan di berbagai lokasi, kita harus buat nyaman wisatawan,” ujar Monang.

Kapolres Tomohon mengajak pihak terkait tetap bersinergi dan berkoordinasi demi suksesnya kegiatan. “TIFF gaungnya akan mendunia. Mari kita bekerjasama demi Kota Tomohon yang kita cintai,” kata Monang.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Mariam Rau menambahkan, Tomohon International Flower Festival diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di Kota Tomohon. Semakin banyak promosi yang dilakukan, wisatawan semakin tahu potensi wisata yang tidak kalah menarik dibanding daerah lain.

Bukan itu saja, persiapan lainnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tomohon juga sudah rutin menggelar road show Tomohon International Flower Festival (TIFF) di beberapa Mall besar di Batam, beberapa waktu lalu.

Mengapa promosi digeber di Batam? Dalam road show tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli mengatakan, Kota Batam dipilih sebagai sebagai tempat pelaksanaan road show berdasarkan label Great Batam yang termasuk dalam 3 greaters (Jakarta, Bali dan Batam) oleh Kementerian Pariwisata sebagai barometer kunjungan wisata terbesar di Indonesia.

Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Sompotan mengatakan perhelatan nanti diharapkan menjadi ajang yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata Kota Tomohon beserta industri pendukungnya serta dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat terkait usaha ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tumbuhnya usaha pariwisata dan ekonomi kreatif serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM.

“Pelaksanaan TIFF merupakan strategi dan upaya Pemerintah Kota Tomohon untuk lebih memantapkan image Kota Tomohon sebagai Kota Bunga sekaligus destinasi unggulan tujuan wisata Indonesia. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan stakeholder yang telah ikut berpatisipasi atas pelaksanaan road show ini mulai dari Kementerian Pariwisata dan juga Pemerintah Kota Batam, semoga nanti ketika acara berjalan lancar dan sukses mendatangkan banyak wisatawan,” papar dia.

Kota Tomohon berada di 22 km dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Kondisi tanah yang subur dan udara yang sejuk membuatnya cocok untuk membudidayakan berbagai jenis bunga dan sayuran. Kota ini dikenal sebagai penghasil bunga. Saat musim berbunga tiba maka di sinilah tempat bunga-bunga indah bermekaran bahkan taman di rumah penduduk lokal dapat turut Anda nikmati.

Susunan Rangkaian Kegiatan Tomohon International Flower Festival 2016:
4 Agustus 2016:
– Lomba Paduan Suara Kebersamaan Pelsus GMIM dan Paduan Suara Kebersamaan Antar Denominasi Agama se-Kota Tomohon (Hari I) di Gedung Gereja Kanisah Utara Jemaat Petra Kinilow

 5 dan 6 Agustus 2016:
– Festival Geotermal di Danau Linow, Kelurahan Lahendong
– Lomba Paduan Suara Kebersamaan Pelayan Khusus GMIM dan Paduan Suara Kebersamaan Antar Denominasi Agama se-Kota Tomohon (Hari II) di Gedung Gereja Kanisah Utara Jemaat Petra Kinilow
– The 2nd Tomohon Linow Lake 10K start lapangan eks Rindam Kakaskasen Finish Danau Linow Lahendong

 7 Agustus 2016:
– Thanksgiving Day

8—10 Agustus 2016:
– Tournament of Flowers dan Flower Fashion Carnival start eks Rindam Kakaskasen Finish Stadion Babe Palar Walian
– Dinner (Belakang Panggung Utama)
– Panggung Hiburan
– Kebaktian Kebangunan Rohani
– Festival Kuliner (Belakang Panggung Utama)
– Pembukaan Pameran (Tourism, Investment, and Floriculture Expo) dan Pegelaran Seni Budaya Nusantara (Kolaborasi Musik Etnik feat. Musik Kontemporer) Stadion Babe Palar Walian
– Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo Stadion Babe Palar Walian
– Festival Seni Budaya Lomba Maengket antar SD tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian
– Festival Seni Budaya Lomba Maengket antar SMP tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian
– Festival Seni Budaya Lomba Maengket umum/sanggar/SMA/sederajat tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian

11 Agustus 2016:

– Festival Seni Budaya (lomba kolintang antar SD tingkat provinsi/nasional) Stadion Babe Palar Walian
– Festival Seni Budaya (lomba kolintang antar SMP tingkat provinsi/nasional) Stadion Babe Palar Walian
– Festival Seni Budaya (lomba kolintang umum/sanggar/SMA/sederajat tingkat provinsi/nasional Stadion Babe Palar Walian

12 Agustus 2016:

– Festival band pelajar tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Stadion Babe Palar Walian)
– Pemecahan Rekor MURI Baca Puisi Bertema Bunga oleh 1.000 siswa (tentative)
– Penutupan di Stadion Babe Palar Walian

Sumber: Sindo

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *