Banner Bawah Utama

Wow! Ribuan Tikus Rumah Dipasok Untuk Acara Pengucapan Syukur di Minsel

Wow! Ribuan Tikus Rumah Dipasok Untuk Acara Pengucapan Syukur di Minsel

Hukrim, Pilarsulut.com – Tim khusus (Timsus) Tarsius Polres Bitung berhasil membongkar komplotan pemburu tikus rumah dan got. Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Bitung AKP C Samuri menjelaskan para pelaku merupakan warga asal Tompaso Baru kabupaten Minsel.

“Aksi ini berawal dari operasi rutin Tim Tarsius, mencurigai beberapa orang yang sedang membawa ‘jubi’ (sejenis panah besi kecil) untuk menembak tikus pada haru Rabu (14/7) dini hari,” jelas Samuri melalui Bripka Arnold Moningka selaku Komandan Tim Tarsius Polres Bitung, Kamis (14/7).

Setelah ditelusuri, didapati satu unit mobil bak terbuka yang didalamnya ditemukan ribuan ekor tikus rumah dan got (selokan) hasil buruan pelaku. Hasil buruan para pelaku ini biasanya dijual ke sejumlah pasar di kabupaten Minsel dan Kota Tomohon.

“Tikus-tikus got yang diburu tersebut dijual seakan merupakan tikus dari hutan. Mereka dapat tikus-tikus ini di kelurahan Danowudu, kelurahan Pinangunian, desa Klabat serta sejumlah wilayah di Kota Bitung dan Minut yang dekat dengan hutan,” jelasnya.

Lima orang pelaku masing-masing JM (28), BL  (24), WL (18), RM  (28) dan AP  (34) warga Tompaso Baru mengaku mereka sudah melakukan aksi tersebut selama dua tahun belakangan. Usai ditangkap, tikus-tikus itu dijual kepada dua orang penadah yaitu TB  dan MM warga Tompaso Baru yang kemudian disalurkan ke pasar-pasar.

“Tikus got dan rumah dibuat seakan tikus dari hutan dan kemudian ditaruh di atas dedaunan, ekornya dibuat berwarna putih layaknya tikus hutan.  Caranya setelah dibakar, selanjutnya dikuliti bagian ekor luar tikus sehingga menjadi warna putih dan pucat pasih menyerupai ekor tikus hutan” katanya.

Saat para pelaku telah diambil keterangannya oleh pihak kepolisian dan wajib lapor seminggu dua kali untuk memberikan keterangan terkait aksinya.

Diakui pelaku, aksi mereka memberi keuntungan yang cukup besar. Betapa tidak, untuk tangkapan dengan jumlah 500 ekor, uang hasil penjualan bisa mencapai Rp10 juta.

Dari keterangan salah satu pelaku, Jan, pihaknya sempat memasok ratusan tikus rumah dan tikus got untuk pengucapan syukur di Minahasa Selatan Minggu kemarin.
Sumber: Tribun Manado

 

 

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *