Banner Bawah Utama

Pengelolaan Dandes di Kabupaten Mitra akan Didampingi TP4D

Pengelolaan Dandes di Kabupaten Mitra akan Didampingi TP4D

Mitra, Pilarsulut.com – Pengelolaan dana desa (dandes) di kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), akan didampingi Tim Pemantau Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) untuk penggunaannya.

“Ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Presiden yang dilaksanakan di masing-masing daerah untuk melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya bagi pemerintah desa yang mengelola dana desa,” kata Kepala Inspektorat Mitra, Robert Rogahang belum lama ini.

Ditambahkannya, pendampingan yang dilakukan pihaknya, terkait pengelolaan dana desa, serta proses pelaporan pertanggungjawaban penggunaannya nantinya.

“Kita akan dampingi secara menyuluh baik dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan penyusunan pertanggung jawaban,” ungkap Rogahang.

Untuk memaksimalkan peran TP4D, Rogahang menuturkan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada seluruh pemerintah desa, terkait tupoksi TP4D dalam pendampingan pengelolaan dana desa di kabupaten Mitra.

“Kita juga meminta pemerintah desa untuk memanfaatkan adanya TP4D dengan melakukan konsultasi, TP4D akan selalu siap membantu,” ujarnya.

Rogahang juga mengingatkan kepada pemerintah desa agar pelaksanaan dana desa sesuai dengan hasil musyawarah rencana pembangunan desa (Musrembangdes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Sementara itu, Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Godlip Mamahit, meminta pemerintah desa agar dalam pengelolaan dana desa, harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Setiap pengelolaan keuangan negara itu sudah diatur. Jadi kami mintakan pengelolaan keuangan ini harus dimanfaatkan dengan baik sesuai aturan, begitu juga dalam pelaporan pertanggung jawabannya harus sesuai,” katanya.

Pelaksanaan sosialisasi TP4D tersebut hingga kini telah digelar di kecamatan Toulaan, Touluaan Selatan, Tombatu, Silian Raya, Ratahan, Ratahan Timur, dan Pasan. (*)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *