Banner Bawah Utama

KNPI-IMM Sulut Gelar Dialog Nilai-nilai Kebangsaan

KNPI-IMM Sulut Gelar Dialog Nilai-nilai Kebangsaan

Manado, PilarSulut.com – Kembali Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulut bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulut, secara bersama melaksanakan dialog kepemudaan dengan mengambil tema Mempertegas peran pemuda dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan ini pun dirangkaikan dengan buka puasa bersama yang dilaksanakan di Kantor KNPI Sulut, Jumat (1/7).

Dalam dialog, panitia mengundang tokoh muda DR Delmus Puneri Salim, Ph.D dan Adlan Ryan Habibie, S.HI untuk memaparkan peran pemuda dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan tersebut..

Delmus Doktor politik dari Australia ini kemudian menjelaskan peran pemuda sejak sebelum kemerdekaan. Menurutnya, pemuda sejak awal telah terlibat  aktif dalam merebut kemerdekaan, Hal ini terekam mulai dari lahirnya budi utomo, digagasnya sumpah pemuda hingga Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah hadir sebelum kemerdekaan hingga kini. Saat ini tinggal bagaimana pemuda terus mempertahankan nilai-nilai kebangsaan tersebut ditengah gemuruh persoalan kebangsaan yang muncul,” ucapnya.

Sementara itu Adlan memaparkan bahwa, pluralitas ke Indonesia an adalah sebuah amanah, yang penting kita rawat lewat nilai-nilai kebangsaan yang ada, salah satu nilai kebangsaan tersebut adalah pancasila.

“Muhammadiyah mengajukan konsep negara pancasila sebagai darul ahdi was syahadah yang memiliki pengertian sebagai negara yang berdasarkan perjanjian dan pembuktian. perjanjian yang telah dirumuskan oleh founding fathers untuk mengayomi semua komponen bangsa. dan sebagai pembuktian dia butuh keterlibatan aktif seluruh komponen bangsa terutama pemuda dalam mengawal nilai-nilai kebangsaan itu sendiri. disutulah prinsip-prinsip keadilan dan gotong royong hadir,” ungkap mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *