Banner Bawah Utama

Buka Festival Pesona Bunaken, Wagub Ajak Promosikan Pariwisata Sulut

Buka Festival Pesona Bunaken, Wagub Ajak Promosikan Pariwisata Sulut

Manado, PilarSulut.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw didampingi Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara membuka secara resmi Festival Pesona Bunaken 2016 yang digelar di kawasan Mega Mas Kota Manado, Senin (25/7) siang tadi.

Acara Festival Pesona Bunaken ini bekerja sama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dengan Kementerian Pariwisata.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dalam sambutannya  mengatakan Festival Pesona Bunaken tahun 2016 ini merupakan salah satu ajang untuk promosi daerah disektor pariwisata.

“Festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata daerah ini agar lebih dikenal secara luas kedunia luar. Ajang seperti ini sebagai promosi daerah,” ungkap Wagub.

Untuk itu Wagub Kandouw meminta kepada Pemerintah dan masyarakat sulawesi utara agar bersama-sama mempromosikan pariwisata agar para wisatawan mancanegara bisa mengunjungi daerah ini.

“Sampai saat ini total turis sudah mencapai 4800 orang yang berkunjung didaerah ini. Jadi saya yakin kedepan akan lebih banyak lagi turis yang akan berkunjung didaerah ini,” ungkapnya.

Lanjut Wagub menyebutkan sudah lama festival bunaken tidak dilaksanakan.

“Setau saya dulu pernah ada festival bunaken disatukan dengan festival danau tondano di jaman Gubernur EE Mangindaan. Dan baru kali ini kembali dilaksanakan,” kata Wagub.

Untuk itu Wagub meminta perlu digiatkan kembali karena sudah banyak wisatawan datang di Manado, apalagi waktu dekat ini bandara Internasional Sam Satulangi sudah akan dibuka selama 24 jam.

“Bapak Gunernur berkeinginan  menjadikan festival bunaken sebagai entripoin pariwisata Sulut, karena sektor ini menjadi program prioritas setelah sektor pertanian, perkebunan, pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu kata Wagub sektor pariwisata perlu terus di dorong bahkan diakselerasi terus menerus karena kurangnya perhatian serius dari stakeholders di sektor ini.

“Apalagi dengan terobosan yang luar biasa dilakukan orang nomor satu di Sulut dengan mendatangkan ribuan turis dari tiongkot, ke daerah Sulut, tentunya harus dijawab dengan memperbanyak kegiatan wisata. Kita pun memiliki 161 destinasi wisata seperti wisata selam, paling banyak memiliki diver maupun instruktur serta dive spot (lokasi penyelaman), tapi juga wisata religius dan wisata alam,”jelas politisi PDIP Sulut ini.

Sementara Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulut Ir Happy Korah MSi, menyebutkan, kegiatan yang akan berlangsung hingga 29 Juli 2016 mendatang di kawasan Megamas, Mantos dan Bunaken meliputi lomba memancing, lomba perahu hias, konser musik pesona bunaken oleh Band Ungu, road show ke bunaken, lomba musik bambu dan musik kolintang.

“Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Disbudpar Sulut dengan Kementrian Pariwisata RI. Dengan untuk pengembangan promosi melalui produk pariwisata dalam rangka peningkatan arus kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara, tandas Korah.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos, unsur Forkopimda Sulut, pejabat teras Pemprov, serta Kadis Pariwisata Kabupaten/Kota. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *