Banner Bawah Utama

Antisipasi Mudik, Pemprov Siapkan 18 Bus Perintis dan 23 Kapal Penumpang

Antisipasi Mudik, Pemprov Siapkan 18 Bus Perintis dan 23 Kapal Penumpang

Manado, PilarSulut.com – Perhatian Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (ODSK) terhadap warga Muslim yang akan mudik Lebaran 1437H, patut diacungi jempol. Melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sulut, Pemprov Sulut telah menyiapkan armada darat bus perintis sebanya 18 unit plus 23 kapal penumpang.

“Antisipasi mudik dan arus balik Lebaran, telah kami lakukan dengan membuat Posko di setiap terminal, termasuk melakukan ramp check seluruh kendaraan penumpang,”terang Kadishubkominfo
Sulut Drs Joy Oroh saat didampingi Kabid Kominfo Cherry Maringka dan Kabid Darat serta Kabid Laut dalam press conference, Rabu (29/06/2016).

Dikatakan, khusus untuk trayek Bolsel dan Boltim serta Mitra, Pemprov telah menyiapkan 18 kendaraan bus perintis. Sedangkan untuk Pemadu Moda yang melayani trayek Bandara Samratulangi ke Amurang, Bitung, Kotamubagu dan Tomohon sebanyak 10 kendaraan.

“Pemprov juga memberikan tumpangan gratis pada H-1 Lebaran untuk bus perintis dan Pemadu Moda. Diharapkan, penumpang jangan naik kendaraan taxi gelap untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,”ingat Oroh.

Khusus angkutan udara, dilaporkan sebanyak 8 airline dengan 40 unit pesawat dari Bandara Samratulangi ke berbagai tujuan domestic. Untuk pelayaran melalui pelabuhan Bitung tercatat sebanya 6 unit kapal Pelni dan 10 unit kapal penyeberangan.

“Dari Pelabuhan Manado, armada kapal total sebanyak 23 kapal. 17 unit kapal untuk penyeberangan dan 6 unit kapal barang, dengan tujuan antar pulau hingga Ternate,”tambah Oroh.

Sementara untuk Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) tercatat 107 kendarang. Sedangkan Angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 1.142 kendaraan. Taxi (Blue Bird dan Dian Taksi) sebanyak 326 kendaraan. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *