Banner Bawah Utama

Aleg Manado Minta Pemkot Perhatikan Hak Guru

Aleg Manado Minta Pemkot Perhatikan Hak Guru

Manado, Pilarsulut.com – Anggota legislatif DPRD Manado dari daerah pemilihan Singkil-Mapanget, Jonas Makawata, mendesak pemerintah kota memperhatikan kesejahteraan guru setempat, terutama terkait pembayaran tunjangan profesi dan sertifikasi.

“Saya menerima banyak keluhan para guru terkait pembayaran dana tunjangan profesi atau sertifikasi, sudah mengantongi SK namun pembayarannya selalu tertunda,” kata Makawata di Manado, Jumat (16/07) lalu.

Makawata mengatakan, penyaluran dana sertifikasi kepada guru selalu terlambat, ada yang sudah menerima, ada juga yang belum menerima.

“Pembayaran dana sertifikasi itu, selalu bergeser, misalnya bulan ini dua orang dapat, berikutnya satu dapat, demikian seterusnya selalu menjadi topik pembicaraan para guru,” ujarnya.

Makawata mengatakan, ketidakberesan pembayaran dana sertifikasi tersebut, berakibat pada kinerja para guru, yang menjadi ogah-ogahan untuk bekerja, sebab kesal tidak menerima haknya.

Bahkan menurutnya, sejumlah guru menunjukkan kekesalannya kepada sesama guru agar yang dibayarkan sertifikasinya saja yang bekerja, yang tak dapat tidak perlu bekerja.

Karena itu, dia mendesak pemerintah dalam hal ini wali kota dan wakil untuk menegaskan hal tersebut kepada Dinas Pendidikan Manado untuk membayar dana sertifikasi tepat waktu, dan jangan sampai ada penyimpangan dalam bentuk apapun.

Wali Kota Manado, Vicky Lumentut mengatakan, memang dana sertifikasi menjadi salah satu hal masalah klasik yang terjadi berulang kali sehingga menyebabkan muncul banyaknya protes.

Namun dia mengingatkan bahwa yang menerimanya adalah para guru yang sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta yakni daftar hadir absen dan lainnya.

“Meski begitu, kami akan memperhatikan masalah guru tersebut sehingga tidak akan menjadi masalah berkepanjangan dan selalu dikeluhkan para pengajar,” katanya.

Sumber: AntaraSulut

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *