Banner Bawah Utama

Tatong Minta Warga Tetap Hidupkan Malam Monuntul

Tatong Minta Warga Tetap Hidupkan Malam Monuntul

Kotamobagu,PilarSulut.com – Tradisi Monuntul yang sudah ada sejak lama di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) untuk tahun ini bakal digelar lebih meriah. Kotamobagu satu diantara 5 Kabupaten di BMR dalam waktu dekat akan melaksanakan lomba Monuntul bagi Desa/kelurahan.

Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong beberapa waktu yang lalu dihadapan petugas agama dan perwakilan masyarakat mengajak untuk tetap mempertahan tradisi Monuntul yang telah ada sejak lama.

“Memang Monuntul ini bukan suatu kewajiba bagi kita umat islam, namun ini sudah jadi tradisi sejak lama, dan tidak ada sisi negative dari Monuntul ini. Sehingga saya berharap masyarakat dapat memeriakan malam Monuntul yang akan dimulai pada malam minggu pecan ini,”Kata Walikota.

Ditempat terpisah Kepala Bagian Humas Muhammad Aljufri Ngandu saat bersua dengan awak media mengaku, Pemerintah telah menyebarkan surat edaran dimana malam Monuntul akan dilombakan.

“Suratnya sudah ditanda tangani Asisten I Bidang Pemerintah, dan langsung didistribuskan ke seluruh Desa/Kelurahan, sebagaimana instruksi dari Walikota Monuntul akan dilombakan, ini untuk menambah semaraknya malam Monuntul,”Terang Jufri.

Sedangkan untuk hadianya, menurut mantan Sekretaris Diknas Pemerintah tetap menyediakan, namun substansinya bukan disitu “Hadia tetap ada, namun intinya bukan hadia, tetapi bagaiman kita tetap mempertahan tradisi ini agar tidak hilang di tengah – tengah masyarakat,”Ujar Jufri.

Ditambahkannya saat ini Pemerintah sedang berupaya memikirkan bahan bakar yang akan digunakan “Kita sedang berupaya agar ada minyak tanah untuk digunakan masyarakat, namun bila tidak ada masih ada alternative lain untuk menyalakan tuntul,”Tambahnya. (Abdi)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *