Banner Bawah Utama

Pemkab Bolmut Canangkan Program Diversifikasi Tanaman

Pemkab Bolmut Canangkan Program Diversifikasi Tanaman
Bolmut, Pilarsulut.com – Tahun ini, Pemda Bolmut lewat Badan Ketahanan Pangan (BKP) kembali mencanangkan program diversifikasi tanaman bagi seluruh desa yang mempunyai lahan tidur di Bolmut.
Program yang telah dilaksanakan pada beberapa tahun terakhir ini, membidik pengaktifan dan pemberdayaan lahan-lahan tidur yang ada di daerah itu.
“Setiap tahun kami berikan bantuan bagi 12 desa yang memiliki lahan tidur. Bantuan berupa bibit tanaman, pupuk dan racun hama. Semuanya dibiayai dari APBD tahun berjalan,” ujar Kaban BKP, melalui Kabid Ketahanan Pangan, Atri Duran, SP MM.
Lanjutnya, bibit yang diperbantukan bagi desa-desa tersebut antara lain: bibit cabai, tomat dan jagung manis. Selain itu, pemda juga akan memberikan bantuan pupuk dan racun untuk lahan-lahan tidur yang ada di desa-desa, dengan tujuan agar bisa difungsikan kembali. Totalnya 12 desa yang tersebar di 6 kecamatan se Bolmut, yang mendapatkan bantuan ini pada tahun lalu.
Sementara tahun ini, pihaknya juga membidik 12 desa lainnya, dengan klasifikasi setiap kecamatan 2 desa.
“Kami sih maunya bantuan ini diberikan serentak bagi seluruh desa yang memiliki lahan tidur. Namun karena alokasi anggarannya terbatas, maka kami laksanakan secara bertahap setiap tahun,” ungkapnya. (Amad/Eby)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *