Banner Bawah Utama

Portugal Pulangkan Kroasia dari Ajang Euro 2016

Portugal Pulangkan Kroasia dari Ajang Euro 2016

Olahraga, Pilarsulut.com – Gol tunggal Ricardo Quaresma mengantar Portugal mengalahkan Kroasia dengan skor 1-0 sekaligus melenggang ke babak delapan besar (perempatfinal) pada laga 16 besar Euro 2016 di Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Ricardo Quaresma yang masuk pada akhir babak kedua mencetak gol pada menit 117 tambahan waktu melalui skema serangan balik yang dibangun Sanches dan Ronaldo.

Quaresma menanduk bola ke gawang Subasic memaksimakan bola tendangan Ronaldo yang melintas di mulut gawang Kroasia untuk membawa Portugal melenggang ke perempatfinal Euro 2016.

Portugal akan menghadapi Polandia yang menang lewat babak adu penalti atas Swiss pada babak perempatfinal yang digelar di Marseille pada 30 Juni 2016.

Statistik UEFA mencatat Kroasia menguasai 58 persen penguasaan bola dengan 13 sepakan. Namun, Portugal bermain lebih efektif dengan mencetak satu gol dari lima peluang yang diciptakan.

Pada babak pertama Portugal lebih banyak melancarkan serangan cepat lewat sisi sayap sementara Kroasia bermain lebih sabar dengan umpan-umpan pendek dari lini tengah ke depan.

Pada babak kedua, pelatih Portugal melakukan perubahan taktik dengan memainkan Renato Sanches untuk menggantikan  Andre Gomes.

Masuknya Sanches mengubah permainan Portugal menjadi lebih bervariasi dengan adanya tusukan dari lini tengah yang beberapak kali membuat bek-bek Kroasia kesulitan.

Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak tambahan waktu menyusul kedudukan imbang 0-0 kendati Portugal memasukan penyerang sayap Ricardo Quaresma pada akhir babak kedua.

Kroasia memiliki peluang emas saat laga memasuki menit 113 saat Marcelo Brozovic melayangkan umpan tendangan penjuru yang disambut Vida, namun tidak berbuah gol.

Tandukan Ivan Perisic pada menit 116 pun membentur tiang gawang Rui Patricio.

Terlalu asyik menyerang membuat Kroasia kecolongan lewat serangan balik yang dibangun Renato Sanches dari sektor tengah kemudian menyodorkan bola kepada Ronaldo di sisi kanan.

Ronaldo sambil berlari melepaskan sepakan yang sempat mengenai tubuh kiper Kroasia, bola yang melintas di depan mulut gawang langsung disundul Quaresma yang tidak terkawal. Skor 1-0 menutup laga selama 120 menit.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic (G), Ivan Strinic, Domagoj Vida, Vedran Ćorluka, Darijo Srna, Luka Modric, Milan Badelj, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Ivan Rakitic (Pjaca), Mario Mandzukic (Nikola Kalinic).
Pelatih: Ante Cacic.

Portugal (4-4-2) :
Rui Patrício (G), Cedric, Pepe, José Fonte, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Adrien Silva (Danilo), Joao Mario (Quaresma), Andre Gomes (Sanches), Cristiano Ronaldo, Luis Nani.
Pelatih: Fernando Santos.

Sumber: Antara

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *