Banner Bawah Utama

Pemkab Bolmut Jamin Ketersediaan dan Keamanan Daging Sapi Jelang Lebaran

Pemkab Bolmut Jamin Ketersediaan dan Keamanan Daging Sapi Jelang Lebaran

Bolmut, Pilarsulut.com – Pemkab kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menjamin ketersediaan stok daging sapi di Bolmut aman menjelang lebaran. Hal ini disampaikan wakil Bupati Bolmut, Suriansyah Korompot, Senin (27/06).

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan terkait ketersediaan bahan pangan, termasuk daging sapi hingga lebaran nanti dipastikan mencukupi kebutuhan,” kata Suriansyah.

Ketersediaan stok pangan yang mencukupi, masyarakat maka tak perlu merasa khawatir. Dia juga meminta keamanan bahan pangan agar diperhatikan, seperti daging sapi harus aman dari bahaya virus antrax.

”Keamanan pangan juga dijamin oleh pemerintah. Seperti untuk daging sapi, bebasa dari ancaman virus antrax, masyarakat tak perlu khawatir mengkonsumsi,” jelas Wabup.

Ditambahkannya, stok daging sapi di Bolmut merupakan produk lokal. Tak ada yang diimpor dari luar daerah.

”Pemerintah menjamin keamanan daging sapi, sebab berasal dari peliharaan masyarakat lokal dan telah melalui pemeriksaan rutin instansi terkait. selain itu, kondisinya dipantau terus oleh pemerintah,” tegasnya.

Sejak temukannya virus antraks di Gorontalo, Kabid Peternakan Distanak Bolmut, Zulkan Pohontu, menjelaskan bahwa, pihaknya rutin melakukan pemeriksaan sapi dari  luar daerah maupun lokal sejak bulan April 2016.

”Pengawasan hewan ternak di Bolmut sangat ketat untuk mengantisipasi virus Antraks. sapi dari luar daerah, tak akan diizinkan masuk jika tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan dari dokter,” tegasnya.

Pemkab Bolmut melalui dinas terkait rutin melakukan pemeriksaan peredaran hewan ternak di perbatasan Bolmut dan Provinsi Gorontalo.

”Pengawasan juga dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). Sampelnya diambil dan diuji untuk memastikan kondisi kesehatan hewan, hingga kini hasil pemeriksaan sangat baik, daging sapi di Bolmut aman untuk dikonsums,” tandasnya. (*)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *