Banner Bawah Utama

Lumoto Berharap Bolmut Punya Wasit Berlisensi Nasional

Lumoto Berharap Bolmut Punya Wasit Berlisensi Nasional
Bolmut, Pilarsulut.com – Kendati sudah berusia 9 tahun sebagai daerah otonom dan memiliki organisasi induk olah raga, Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI), Bolmut hingga kini belum memiliki wasit yang memiliki lisensi secara nasional.
Hal itu terungkap dalam Pelatihan Pelatih Tingkat Dasar dan Perwasitan se-Kabupaten Bolmut di Rumah Makan Bounor Beach, Selasa (21/6). Kegiatan ini dilaksanakan oleh KONI Bolmut dihadiri Wakil Bupati Suriansyah Korompot.
”Karena belum ada wasit yang memiliki lisensi secara nasional, maka KONI Bolmut melaksanakan pelatihan ini. Harapannya ke depan, pembinaan olah raga akan semakin baik setelah hadirnya pelatih maupun wasit yang berkompeten,” ujar Arman Lumoto, Wakil Ketua KONI Bolmut.
Tonny Kulit, Sekretaris Umum KONI Sulut mengatakan, pelatihan tersebut sangat penting dilaksanakan, untuk melahirkan pelatih maupun wasit yang handal pada berbagai cabang olah raga secara berkelanjutan.
”Sebagai pengurus KONI Sulut, kami merasa bangga sebab pemerintah daerah memberikan perhatian yang sangat besar untuk kemajuan olah raga di daerah, dengan digelarnya pelatihan seperti ini,” katanya.
Olahraga menurut Kulit, harus ditopang penuh perkembangannya oleh pemerintah, sebab dapat memacu kemajuan daerah, seperti halnya sebuah Negara.
”Negara yang kuat saat ini bisa dinilai dari 3 faktor, yakni majunya ekonomi, memadainya angkatan bersentaja dan berprestasinya olahraga. Nah, jika di daerah olahraganya banyak mengukir prestasi, maka bisa dikategorikan sebagai daerah yang maju dan kuat,” ungkapnya.
Wakil Bupati, Suriansyah Korompot, berharap lewat pelatihan tersebut, pembinaan olahraga oleh KONI sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah, dapat berjalan lebih optimal.
”Dengan terbentuknya sumber daya manusia yang kuat khusus pelatih dan perwasitan, mudah-mudahan olahraga di Bolaang Mongondow Utara akan semakin maju ke depan,” jelasnya.
Cabang olahraga yang ada menurut Korompot, harus mampu melahirkan atlet berprestasi dan memiliki sportivitas tinggi dalam mengharumkan nama daerah pada berbagai kompetisi yang diikuti.
”Harus ada atlet berprestasi yang lahir dari Bolmut agar menjadi kebanggaan masyarakat dan pemerintah. Makanya, calon wasit dan pelatih yang hadir saat ini, harus bekerja keras untuk membina atlet potensial yang ada di daerah,” tukasnya.(Amad/Eby)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *