Banner Bawah Utama

Ini Langkah Serius OD-SK Tangani Bencana Sulut

Ini Langkah Serius OD-SK Tangani Bencana Sulut

Manado, PilarSulut.com – Dalam rangka melakukan langkah antasipasi dan penanganan bencana alam diseluruh wilayah di Sulawesi Utara (Sulut), pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut melalui Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil gubernur, Steven Kandouw (OD-SK) menyatakan terus fokus dan menseriusi insiden serupa (bencana alam), sehingga siap kerahkan selain Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Sulut juga melibatkan lembaga, badan, organisasi sosial di Sulut hingga pihak ketiga dengan kekuatan full dalam menangani bencana.

Dimana langkah tegas itu diambil OD-SK karena salah satu alasan yang kuat yakni, menyangkut faktor nasib kehidupan masyarakat apalagi jika yang mengalami musibah alam itu tergolong masyarakat tidak mampu.

“Saya mintakan seluruh jajaran yang terkait untuk bisa lakukan koordinasi dengan Kepala BPBD Sulut, baik itu penanganan dilapangan hingga mengenai stetmen pemberitaan media itu dikonfirmasikan kepihak BPBD,”pinta Wagub saat memimpin rakor bencana, Rabu (22/06) di ruang Ex WOC Kantor Gubernur.

Lanjut Wagub,  untuk SKPD dan lembaga terkait seperti, Dinas Kesehatan, PU dan UPTD hingga pihak ketiganya, Dinas Sosial, Badan Keuangan, PMI Sulut dan para lembaga terkait seperti Badan Urusan Logistik (Bulog), BMKG, ORARI, kiranya dapat melakukan koordinasi dan monitoring perkembangan dilokasi yang berpotensi bencana.

“Alat berat dari PU dan pihak ketiga, posko-posko bencana harus stanby dengan segala perlengkapannya termasuk para tenaga kesehatan dokternya. Khusus Kepala BPBD Sulut untuk stanby komunikasi laporan update dilapangan. Untuk keuangan dalam kas daerah untuk dana bencana sekarang ada Rp 5 Miliar, kemungkinan itu juga perlu penambahan,”pinta Kandouw, sembari menambahkan khusus Kabupaten Sangihe, akan lakukan koordinasi dengan Bupatinya untuk penanganan dilokasi-lokasi bencana.

Diketahui, rakor tersebut dihadiri sejumlah lembaga/badan dan organisasi selain dari SKPD Pemprov terkait, telah menetapkan seluruh urusan terkait dengan bencana itu memiliki satu pintu komando yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut. (Khay)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *