Banner Bawah Utama

Keluar dari Uni Eropa, China Tertawakan Inggris

Keluar dari Uni Eropa, China Tertawakan Inggris

Internasional, Pilarsulut.com – Keputusan 52 persen warga Inggris Raya untuk keluar dari Uni Eropa mendapat tertawaan dari sejumlah media massa China. Salah satunya menyebut Britons (sebutan untuk warga Inggris Raya) sudah ‘kehilangan akal sehat’ dengan mengisolasi diri dari dunia luar.

“Pusat perhatian dunia biasanya diarahkan ke dua sisi Atlantik (negara Barat). Sekarang fokusnya berpindah ke Pasifik (negara Timur). Untuk rakyat China, yang dalam proses belajar tentang globalisasi dan demokrasi, mereka akan terus menontoni konsekuensi yang akan menimpa Inggris Raya karena berpegang pada sebuah referendum demokrasi,” demikian edisi editorial dari Global Times, media yang selama ini dikenal sebagai corong Partai Komunis China (PKC), seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (25/6/2016).

Pernyataan tersebut sedikit-banyak menyindir ideologi demokrasi yang diagung-agungkan banyak negara Barat di dunia. Berkat demokrasi lah, negara terpecah dan tidak utuh lagi, seperti kini yang terjadi di Eropa dengan berpisahnya Inggris Raya setelah enam dekade bersama.

Dampak dari hasil referendum pada 23 Juni 2016 tersebut, faktanya juga menurunkan harga-harga saham dan perekonomian di Negeri Panda. Saham Hangseng di Hong Kong jatuh sebesar 5 persen pada Jumat, sementara Bank China sahamnya turun sekira 1 persen.

Meski begitu, keterangan resmi dari Pemerintah China bersifat tidak memojokkan Inggris. Padahal, Presiden Xi Jinping termasuk satu dari banyak kepala negara di dunia yang mendukung Negeri Ratu Elizabeth tetap bertahan di Uni Eropa.

“Kesejahteraan Eropa menjadi perhatian dari seluruh pihak. Dan, China di sini ingin menyatakan tetap siap menjalin kerjasama dengan Inggris Raya serta sangat percaya diri mengenai hubungan China-UE,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, Jumat 24 Juni 2016. (*)

Sumber: Okezone.com

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *