Banner Bawah Utama

DPRD Harap Pemerintah Kerja Maksimal Naikkan PAD Bolmut

DPRD Harap Pemerintah Kerja Maksimal Naikkan PAD Bolmut
Bolmut, Pilarsulut.com – Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), untuk tahun 2015 tidak mencapai pendapatan Pajak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pungutan Retribusi Daerah  yang ditargetkan.
Dari data yang diperoleh, Tercatat, target untuk PAD tahun 2015 Rp 3.090.000.000 namun realisasimya hanya Rp 2.744.972.028, begitu juga dengan Retribusi Daerah yang menargetkan Rp 3.054.700.000, hanya mencapai Rp 1.934.633.468.
Ketika dimintai keterangan, Kadis DPPKAD Aang Wardiman SE, Ak melalui Kepala Bidang Pendapatan Amna Diana, SE. M.Si menyatakan, penyebab utama PAD dan Retribusi tidak mencapai target adalah kondisi Bolmut yang masih  tergolong daerah baru, sehingga untuk pembangunan dan pelayanan publik pun masih minim.
“PAD tahun 2015 meliputi hasil Pajak Hotel, Rumah Makan, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Reklame Dan Papan Nama, Galian C, Pajaak Bumi Dan Bangunan, Pajak Hiburan dan Acrobat serta Pajak Perolehan Hak Atas Tanah. Sedangkan untuk Retribusi merupakan pajak pelayanan publik yang dilakukan Instansi terkait meliputi Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu, Dinas Kesehatan, Dishubparkominfo, Disperindagkop serta 11 Puskesmas yang tersebar di wilayah Bolmut,” terangnya.
Menanggapi hal itu, Wakil ketua DPRD Bolmut, Drs Salim Bin Abdullah mengatakan, daerah kabupaten Bolmut memang masih baru, namun pemerintah juga harus berupaya maksimal, agar nanti ke depannya PAD Bolmut bisa meningkat.
“Ini harus dijadikan pembelajaran, agar di tahun 2016 ini Bolmut bisa mencapai realisasi PAD dan Retribusi sesuai dengan target yang telah ditentukan,” tukasnya. (Amad/Eby)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *