Banner Bawah Utama

Ini Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Ini Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

PilarSulut.com – Salah satu masalah yang dihadapi saat hamil adalah kaki yang membengkak. Tidak hanya membuat sakit, tapi keadaan ini juga bisa menyulitkan ketika berjalan dan mengerjakan aktivitas lainnya.

Tapi jangan khawatir, karena ada cara alternatif yang bisa ibu hamil lakukan untuk mencegah atau mengatasi kaki bengkak selama hamil seperti dilansir laman Boldsky.

Pertama dan merupakan perawatan paling natural yang bisa dilakukan untuk kaki bengkak adalah minum air. Jumlah air minum yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah 6-8 gelas per hari. Minum air dengan jumlah yang cukup selama kehamilan dapat membantu membuang semua racun-racun dalam tubuh.

Selain itu, minum air juga membuat Anda banyak ke kamar mandi dan akan lebih banyak lagi air yang dibuang dari tubuh. Dengan begitu bengkak di kaki begitu juga dengan bagian tubuh lainnya, seperti wajah, bisa berkurang.

Saran lain adalah Anda harus menghindari berdiri dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan cairan mengalir ke bagian bawah tubuh dan akibatnya kaki menjadi bengkak.

Cara lain untuk mengatasi bengkak selama kehamilan adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Garam merupakan salah satu penyebab utama timbulnya bengkak selama hami karena garam membuat tubuh menahan air.

Banyak juga yang memilih untuk tidak mengkonsumsi garam sama sekali selama kehamilan, tapi cara ini tidak dianjurkan. Tubuh kita tetap membutuhkan garam yang cukup agar tetap berfungsi dengan baik. Karena itu, konsumsi garam dengan jumlah yang tepat harus dilakukan selama kehamilan dan hindari konsumsi garam yang berlebihan.

Diet seimbang juga bisa menjadi salah satu cara mengendalikan kaki bengkak selama hamil. Cara ini juga perlu dilakukan oleh wanita yang tidak hamil. Selain itu, hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat seperti jins atau celana yang dapat menambah tekanan pada kaki yang dapat mengakibatkannya menjadi bengkak.

Trik lain yang dapat dicoba adalah tidak berdiam di satu posisi dalam waktu lama. Dengan begitu cairan tidak akan menumpuk di satu bagian tubuh dan menyebabkan bengkak. Gantilah posisi setelah beberapa saat ketika duduk atau berbaring.

Lakukanlah tips di atas agar bengkak Anda bisa berkurang karena tubuh bengkak terutama bagian kaki selama hamil bisa membuat seseorang kelebihan berat badan, tidak terlihat menarik, dan menyebabkan kekurangan energi. (PS/VV)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *