Banner Bawah Utama

4 Tips Agar Badan Tetap Bugar Selama Berpuasa

4 Tips Agar Badan Tetap Bugar Selama Berpuasa

Lifestyle, Pilarsulut.com – Ketika seseorang berpuasa, baik karena menjalankan perintah agama ataupun untuk alasan lain, pola makan orang tersebut tentu menjadi berubah drastis. Jika tidak diakali dengan benar, bisa-bisa puasa yang kita lakukan akan berujung membuat kita mudah lemas, sakit, atau bahkan berat badan kita bisa naik drastis.

Mengapa berat badan bisa naik padahal saat puasa justru asupan makan kita cenderung berkurang? Hal ini bisa terjadi ketika pola makan dan aktivitas kita berantakan. Misalnya, terlalu banyak makan makanan manis dan tidur dengan perut kenyang setelah berbuka atau sahur agar perut tidak lapar saat siang hari.

Menjaga berat badan maupun kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan mudah dan hemat selama berpuasa. Berikut ini merupakan empat tips yang bisa kamu lakukan untuk melakukannya:

1. Banyak minum air putih

Tubuh memerlukan asupan delapan gelar air putih setiap harinya agar tetap bugar. Memang ketika berpuasa, kamu tidak bisa meminum air putih. Namun, di luar jam puasa, bagilah waktu untuk menyempatkan diri meminum air putih hingga memenuhi kuota 8 gelas tersebut. Air putih tentu merupakan alternatif yang murah dan sehat dibandingkan air minum lain seperti soda manis.

2. Kurangi minuman manis

Minuman dingin dan manis seperti es buah dan es sirup dapat menimbulkan efek ketagihan dan menyebabkan kita mengonsumsinya secara berlebihan. Jika secukupnya tentu tidak apa-apa, karena gula memang dapat membantu membuat tubuh lebih segar. Kalau memang kamu penyuka minuman dingin, kamu bisa minum air putih dingin saja atau buah segar dingin sebagai pengganti sirup manis.

3. Olahraga ringan

Olahraga tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh meskipun sedang berpuasa. Jika kondisi badan kamu lemas atau kurang baik di jam puasa, kamu bisa melakukannya sehabis berbuka. Untuk berhemat, kamu bisa memilih olahraga jogging atau yoga yang mudah dilakukan di manapun.

4. Tidur yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia selain makan. Idealnya, manusia dewasa tidur sekitar 7-8 jam sehari. Namun, di masa puasa banyak orang yang memilih tidur lama dengan alasan lemas. Padahal, tidur lebih dari 10 jam per hari akan membuat gula dan lemak mudah ditimbun di bawah kulit karena nyaris tidak digunakan untuk beraktivitas.

Jika kamu ingin berbuka di restoran atau belanja bahan makanan untuk sahur, maka cara lain untuk berhemat adalah dengan menggunakan kartu kredit. Manfaatkan berbagai promo seperti diskon dan cashback untuk melakukan penghematan tersebut. Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. (*)

Sumber: Okezone.com

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *