Banner Bawah Utama

Kini Pantau Kebersihan Bisa Lewat Aplikasi

Kini Pantau Kebersihan Bisa Lewat Aplikasi

Kotamobagu,PilarSulut.com – Pemerintah Kotamobagu terus berupaya menghadirkan inovasi dibidang pelayanan. Setelah sukses dengan sejumlah aplikasi yakni Sistem Cari Tau Cair (Si caca) dan Ringanda. Kini melalui Dinas Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) tengah mulai merancang aplikasi kebersihan dan keindahan kota.

Aplikasih yang di namakan Elektronik Bonok Report  atau disingkat dengan E-BONK Report ini dapat memberikan informasih terkait penanganan kebersihan diwilayah Kotamobagu, hal tersebut dikatakan oleh Kepala DPPKAD Rio Lombone.

“Aplikasi ini mirip seperti aplikasi Mo Bantung kon Masyarakat (SiMaBa), kita menghadirkan karya yang kental dengan kearifan lokal Mongondow. Nah untuk E-BONK juga seperti itu. Saat ini kita dalam proses perancangan, supaya dapat di Launcing saat HUT Kotamobagu ke – 9 nanti,”Kata Rio.

Rio pun menjelaskan system kerja dari aplikasi ini, nantinya aplikasi ini dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan di posisi mana saja yang masih ada sampah, dan disamping itu dapat digunaka juga melakukan pemantauan.

“Nanti akan muncul tanda merah pada layar E-BONK report yang menandakan bahwa ada sampah yang belum teratasi. Wali Kota nantinya mempunyai maps untuk memantau laporan masyarakat. Ketika unit reaksi cepat dari SKPD terkait telah membersihkan sampah sebagaimana laporan masyarakat, maka tanda merah tersebut akan berubah menjadi biru,”Ujar Alumnus IPDN.

Selain itu ditambahkannya disamping dapat digunakan untuk melakukan pemantau kebersihan kota serta jadii tempat pengaduan sampah dari masyarakat aplikasi ini juga mempunyai manfaat lain yakni ketertiban dan ketentraman “Selain untuk mengatasi kebersihan dapat dijadikan tempat melapor tindakan yang mengganggu Kamtibmas,”Tutup Rio. (Abdi)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *