Banner Bawah Utama

JWS Perjuangkan Nasib Petani Pohon Enau

JWS Perjuangkan Nasib Petani Pohon Enau

Jakarta, Pilarsulut.com – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi didampingi Wakil Bupati Ivan SJ Sarundajang bersama jajaran Forkopimda Minahasa menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pansus DPR RI guna mendapatkan masukan dalam rangka pembahasan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol pada Rabu, (2/3) di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan Jakarta.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Pansus HM Arwani Tomafi, Wakil Ketua Ir H Lili Asdjudiredja SE PhD dan Aryo PS Djojohadikusumo serta sejumlah Anggota dari 10 Fraksi yang ada di DPR RI ini, turut dihadiri oleh Bupati Minsel Christiany E Paruntu SE, Bupati Mitra James Sumendap SH, sejumlah pejabat terkait serta beberapa petani pohon enau.

Dalam pemaparannya Bupati JWS mengatakan bahwa pada prinsipnya Pemkab Minahasa mendukung penuh kebijakan Pemerintah Pusat bersama DPR-RI dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban yang salah satunya yaitu akibat penyalah gunaan Minuman Keras.

Namun Bupati meminta kiranya RUU yang nantinya akan ditetapkan bisa dipertimbangkan agar tidak berdampak pada meningkatnya angka pengangguran yang ada, serta mematikan sumber pendapatan warga yang mengantungkan hidupnya pada hasil pohon yang memproduksi minuman beralkohol. Dengan dasar itu pada hari Jumat, 4 Maret mendatang akan digelar pencanangan Desa dan Kelurahan Bebas Minuman Keras di 10 Desa Percontohan di Minahasa,“ ungkap Bupati.

Bupati JWS juga mengusulkan pengaturan tata cara produksi serta pemasaran untuk tidak diperkenankan menjual secara bebas, tetapi hanya bisa di jual sebagai bahan baku untuk industri pengolah minuman beralkohol serta industri Farmasi juga industri lain yang membutuhkan bahan baku dari olahan Minuman Tradisional ini, dan perlu ada penekanan terkait sanksi tegas bagi yang melanggar ketentuan tata cara produksi, berupa Pidana maupun Denda dan pencabutan Ijin Usaha.

Diakhir pemaparannya, Bupati JWS meminta agar judul RUU ini diganti dengan sebutan RUU Minuman Beralkohol, bukan RUU Larangan Minuman Beralkohol.

Akhir Rapat Dengar Pendapat ini Bupati JWS menyerahkan naskah presentasinya dan plaket cinderamata yang diterima langsung oleh Pimpinan Pansus ini. (Rommy)

Komentar Facebook

komentar

About The Author

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *